Cara Mencegah Kanker Serviks

cara mencegah kanker serviks sejak dini

Senyap tapi mematikan, merupakan kata-kata yang tepat untuk menggambarkan Kanker Serviks sebuah penyakit mematikan yang jarangan menunjukan gejala pada tahap awal penyebarannya.

Setiap tahunnya lebih dari 11.000 wanita di Amerika Serikat di diagnosa mengidap kanker serviks, dan lebih dari setengahnya telah memasuki stadium empat yang dimana sudah terlambat untuk mendapatkan pengobatan yang efektif.

Penyebab Kanker Serviks

Penyebab Kanker Serviks umumnya disebabkan oleh Human Papillomavirus atau HPV, merupakan penyakit menular seksual. Sebanyak 93 persen wanita yang mengidap kanker Serviks di Amerika Serikat disebabkan oleh virus HPV.

Bagi beberapa wanita, HPV dapat menyebabkan perubahan sel pada servikal, perubahan ini dapat menyebabkan sel berubah menjadi kanker.

Selain HPV, faktor lain yang dapat menyebabkan kanker serviks adalah :

  • Kebiasaan Merokok
  • Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat
  • Sistem Imun yang Lemah
  • Hubungan Seks tidak Aman

Cara Mencegah Kanker Serviks

Setelah mengetahui faktor penyebab kanker serviks, berikut ini informasi mengenai cara pencegahan kanker serviks secara alami yang dapat Anda terapkan dalam kehidupan sehari-hari. Simak ulasannya dibawah ini:

1. Rutin Melakukan Pap Test dan Pap Smears

Dengan rutin melakukan Pap Test dokter dapat mendeteksi sel-sel abnormal pada area serviks yang dapat berubah menjadi kanker.

Pakar kesehatan menyarankan agar wanita yang telah menginjak usia 21 tahun untuk melakukan Pap Test, dan mengulanginya tiap tiga tahun sekali hingga usia 30 tahun.

Menginjak usia 30 tahun, disarankan untuk melakukan Pap Smears setiap lima tahun sekali untuk mendeteksi apakah Anda terserang virus HPV.

Mengutip data American Cancer Society, 80 persen wanita Amerika Serikat yang mengidap kanker stadium akhir umumnya tidak melakukan Pap Test dan Pap Smear.

Jika Infeksi ditemukan saat Anda melakukan Pap Test umumnya dokter akan mengindentifikasi masalah. Umumnya dokter akan melakukan test DNA untuk mendeteksi apakah terdapat virus HPV pada servikal Anda.

2. Lakukan Vaksin HPV

Saat ini telah tersedia vaksin HPV, yakni vaksin Cervarix dan Gardasil yang dapat melindungi Anda dari virus HPV. Virus penyebab kanker serviks.

Menurut Center for Disease Control and Prevention (CDC) mereka yang dianjurkan untuk melakukan Vaksin HPV adalah :

  • Gadis yang berusia minimal 11 tahun.
  • Gadis berusia 13-26 tahun yang belum pernah melakukan vaksinasi dan belum pernah di diagnosa memiliki kanker serviks.
  • Mereka yang berusia 26 tahun dan rentan terhadap penyakit menular seksual.

CDC merekomendasikan Anda untuk melakukan vaksinasi sebelum terinfeksi oleh virus HPV. Namun, meski Anda telah terinfeksi vaksin membantu Anda dalam melawan virus sehingga meminimalkan risiko penyakit kanker serviks.

3. Lakukan Sex yang Aman

Dalam beragam penelitian mengungkapkan bahwa Wanita yang sering gonta-ganti pasangan seksual memiliki risiko tinggi untuk terkena kanker serviks.

Jika Anda termasuk dalam golongan yang rentan terhadap penyakit menular seksual seperti sering gonta-ganti pasangan, pekerja seks komersial atau LGBT ada baiknya untuk melakukan seks dengan menggunakan kondom agar terhindari dari penularan virus HPV lewat hubungan badan.

Namun, meski kondom dapat melindungi area serviks dari virus HPV, virus ini dapat menginfeksi area yang tidak terlindungi tubuh Anda. Oleh karena itu, Anda disarankan untuk melakukan Vaksin HPV.

4. Berhenti Merokok

Kebiasaan Merokok dapat meningkatkan risiko kanker serviks. Banyak penelitian yang menyebutkan kandungan kimia dalam rokok dapat merusak DNA dari sel serviks Anda dapat dapat mengembangkan sel kanker serviks.

Merokok dapat meningkatkan Servikal Displasia pada wanita yang telah terinfeksi virus HPV. Selain itu, rokok juga dapat menyebabkan sistem kekebalan tubuh Anda menurun sehingga tidak dapat melawan virus HPV dan sel kanker.

5. Konsumsi Buah Mengkudu

Riset membuktikan bahwa mengonsumsi makanan sehat seperti buah dan sayuran sangat baik untuk menjaga berat badan, selain itu aktif berolahraga juga dapat menurunkan risiko kanker serviks. Gaya hidup sehat dapat meningkatkan fungsi sistem imun tubuh anda dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Membahas soal makanan, mengonsumsi buah mengkudu sangat baik untuk mencegah kanker serviks. Buah mengkudu memiliki kandungan Anthraquinone yang dapat menghambat sel kanker mendapatkan asupan gula yang merupakan sumber energi sel kanker.

Mengutip Manfaat.PRO, Anthraquinone lebih banyak terdapat biji mengkudu. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsi buah mengkudu secara utuh atau menjadikannya jus.

Demikian pembahasan mengenai Cara Mencegah Kanker Serviks secara alami, semoga bermanfaat dan dapat melindungi Anda dari risiko kanker serviks.

Manfaat Kafein

admin
2 min read

Radioterapi Adalah

admin
1 min read

Manfaat Buah Tomat

admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *