Cara Mengatasi Sakit Perut

Cara Mengatasi Sakit Perut dengan Bahan Alami

Setiap orang pasti pernah mengalami sakit perut baik disebabkan oleh peradangan, sembelit maupun maag setelah makanan atau minum. Sakit perut yang disebabkan oleh masalah diatas umumnya tidak mengkhawatirkan dan cara mengatasi sakit perut pun dapat diatasi dengan bahan-bahan alami yang mudah Anda temui di rumah Anda.

Berikut ini Cara Mengatasi Sakit Perut dengan bahan-bahan alami yang dapat Anda lakukan dirumah. Simak ulasannya dibawah ini:

Cara Mengatasi Sakit Perut dengan Bahan Alami

1. Minum Air Putih

Tubuh Anda membutuhkan cairan untuk mencerna dan menyerap nutrisi yang didapat dari makanan dan minuman yang Anda konsumi. Memenuhi kebutuhan cairan delapan gelas setiap hari dapat melancarkan sistem pencernaan Anda dan menurunkan risiko masalah perut yang dapat menganggu aktifitas Anda.

Bagi Anda yang memiliki masalah pencernaan, yang disertai dengan gejala diare serta mual dan muntah sangat penting untuk terus menjaga asupan cairan karena saat muntah dan diare tubuh Anda kehilangan cairan dalam jumlah banyak. Oleh karena itu, sebaiknya selalu perhatikan asupan air putih Anda.

2. Konsumsi Air Jahe

Jahe merupakan herbal yang sangat baik untuk pengobatan sakit perut dan sembelit

Kandungan senyawa kimi dalam jahe seperti gingerols dan shogaols dapat membantu kontraksi perut, hal ini dapat membatu pergerakan perut Anda dan mengatasi sembelit. Selain itu, senyawa aktif ini juga dapat meredakan gejala mual, muntah dan diare.

Jadi bila Anda mengalami masalah pencernaan dan sakit perut yang melilit meminum air rebusan jahe dapat menjadi solusi alami untuk Anda.

3. Konsumsi Daun Mint

Kandungan mentol dalam daun mint dapat meredakan gejala-gejala sakit perut seperti:

  • Mencegah mual-muntah dan diare
  • Meredakan kejang otot pada usus
  • Meredakan nyeri

Dalam beragam penelitian menyebutkan bahwa konsumsi daun mint dapat masalah pencernaan seperti sembelit, perut kembung, dan diare. Untuk mendapatkan manfaat daun mint untuk mengatasi sakit perut Anda dapat mencampurkan daun mint pada makanan atau teh Anda.

Mengunyah daun minta juga dapat meredakan rasa nyeri dan ketidaknyamanan karena naiknya asam lambung.

4.  Kayu Manis

Kayu manis mengandung sejumlah antioksidan yang dapat mengatasi masalah gangguan pencernaan dan meredakan iritasi serta peradangan pada saluran pencernaan Anda, beberapa antioksidan dalam kayu manis meliputi:

  • Eugenol
  • Cinnamaldehyde
  • Linaool
  • Camphor

Beberapa senyawa aktif dalam kayu manis juga dapat meredakan perut kembung, kram perut dan sendawa karena dapat menetralisiir asam lambung yang naik.

Bagi Anda yang sering mengalami sakit perut karena asam lambung naik ada baiknya tambahkan 1 sendok teh bubuk kayu manis dalam menu makanan Anda atau campurkan bubur kayu manis dalam secangkir teh Anda.

5. Air Kelapa Muda

Air kelapa muda kaya akan kandungan potassium dan magnesium. Kedua mineral ini dapat membantu meredakan sakit perut, kejang otot dan kram perut.

Air kelapa muda juag dapat memeuhi kebutuhan cairan tubuh Anda dan merupakan pilihan terbaik untuk dikonsumsi setelah berolahraga karena rendah kalori, gula dan keasaman.

Konsumsi 2 gelas air kelapa mudah tiap 5 jam untuk mengatasi sakit perut yang Anda alami.

6. Buah Pisang

Buah pisang megandungan vitamin dan mineral yang sangat baik untuk mengatasi sakit perut Anda. Kandungan nutrisi seperti vitamin B6, potassium dan folat dalam buah ini dapat membantu Anda mengatasi kram perut, sakit perut dan kejang otot. Selain itu, pisang juga juga dapat membantu pergerakan perut Anda dan mengatasi masalah susah buang air besar.

7. Daun Afrika

Mengonsumsi air rebusan daun afrika dapat mengatasi sakit perut melilit. Hal ini kandungan anti peradangan dalam daun afrika dapat meredakan peradangan pada perut Anda.

Ekstrak daun afrika dapat menghambat hormon postaglandin yang dapat memperparah peradangan pada tubuh Anda. Selain itu, kandungan anti bakteri dalam daun afrika juga dapat mempercepat proses penyembuhan luka dan memperbaiki sel-sel jaringan tubuh yang rusak.

8. Daun Kemangi

Daun kemangi memiliki kandungan senyawa aktif yang dapat mengatasi perut kembung, kram perut dan membantu melancarkan sistem pencernaan Anda. Kandungan Eugenol dalam daun kemangi bekerja untuk menurunkan kadar asam lambung pada perut Anda.

Selain itu, kandungan Asam Linoleic dalam daun ini bekerja untuk meredakan peradangn pada perut Anda. Oleh karena itu tambahkan daun kemangi sebagai lalapan dalam menu makanan Anda setiap hari.

9. Cuka Apel

Mengonsumsi satu sendok makan cuka apel yang dicampurkan dalam segelas air dan madu dapat membantu mengatasi masalah pencernaan Anda.

Zat asam dalam cuka apel dapat membantu pergerakan perut Anda dalam mencerna makanan dan menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus Anda.  Minum ramuan cuka apel ini satu kali dalam sehari sampai sakit perut Anda teratasi.

Makanan Pencegah Anemia

admin
2 min read

Manfaat Body Massage

admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *