Makanan untuk Mengatasi Insomnia

Makanan untuk Mengatasi Insomnia

Tidur yang berkualitas berkisar tujuh hingga sembilan jam setiap harinya, tidur berkualitas sangat baik untuk kesehatan Anda secara umum. Dengan tidur cukup Anda dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menjaga kesehatan otak dan mencegah beragam penyakit kronis.

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas seperti rutin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat untuk mengatasi insomnia.

Dalam artikel ini, saya akan membahas mengenai jenis-jenis makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh penderita insomnia. Simak penjelasannya dibawah ini:

Makanan untuk Mengatasi Insomnia

1. Kacang Almond

Kacang almond memiliki beragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh Anda, seperti Fosfor, Mangan dan Riboflavin.

Konsumsi almond dapat mencegah beragam penyakit seperti diabetes dan penyakit jantung, hal ini dikarenakan kandungan lemak tak jenuh, serat dan antioksidan didalamnya. Selain itu, kacang almond juga sangat baik untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Kacang almond memiliki kandungan nutrisi yang dapat mengatur hormon melatonine, hormon yang berkaitan langsung dengan tidur Anda.

Almond juga kaya akan magnesium, magnesium sendiri merupakan mineral yang juga dapat membantu Anda tidur karena dapat mengatasi peradangan dan mengurangi hormon stress yang dapat menurunkan kualitas tidur Anda.

2. Buah Bidara

Makanan untuk mengatasi insomnia selanjutnya adalah buah bidara. Manfaat buah bidara untuk meningkatkan kualitas tidur Anda adalah dengan memberikan efek penenang bagi sistem saraf dan pikiran Anda.

Mengutip Manfaat.PRO,  kandungan Saponin dalam buah bidara bekerja sebagai obat penenang yang dapat menurunkan ketegangan saraf dan membantu Anda tidur di malam hari, sedangkan Flavonoid dalam buah ini bekerja untk meredakan peradangan dalam tubuh yang dapat menyebabkan stress.

3. Buah Cherry

Buah cherry kaya akan kandungan Melatonin, hormon yang mengatur siklus tidur Anda. Dalam sebuah penelitian yang dilakukan menemukan bahwa konsumsi makanan kaya melatonin diketahui mampu meningkatkan kualitas dan durasi tidur.

Konsumsi buah cherry pada sore hari untuk mendapatkan hasil terbaik dari buah ini.

4. Jagung

Jagung kaya akan karbohidrat yang dapat meningkatkan kualitas tidur Anda bila dikonsumsi dengan benar. Karbohidrat dalam jagung dapat menstimulasi insulin, yang secara tidak langsung dapat meningkatkan Trytophan dalam tubuh Anda.

Trytophan sendiri merupakan asam amino yang berperan dalam menjaga siklus tidur Anda. Dalam sebuah penelitian menemukan bahwa konsumsi karbohidrat kompleks seperti nasi merah dan jagung dapat meningkatkan durasi dan kualitas tidur.

Disarankan untuk mengonsumsi jagung empat jam sebelum waktu makan malam atau ketika makan malam.

5. Buah Pisang

Kandungan nutrisi dalam pisang seperti Magnesium, Serotonin dan Melatonin dapat membantu Anda tidur di malam hari. Melatonin secara alami mengatur siklus tidur Anda, Serotonin bekerja untuk mengatur mood dan jam tidur ANda sedangkan Magnesium dapat meredakan stress dan ketegangan saraf Anda sehingga dapat meningkatkan kualitas tidur.

6. Nasi Putih

Nasi putih merupakan sumber karbohidrat yang baik untuk dikonsumsi mereka yang memiliki masalah insomnia. Kandungan karbohidrat dalam nasi putih dapat meningkatk kadar gula dalam darah Anda.

Kadar gula yang meningkat memudahkan Anda memasuki kondisi mengantuk dan membuat Anda tidur lebih cepat. Dalam sebuah penelitian yang melibatkan 1848 partisipan menemukan bahwa mereka yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat seperti nasi putih, roti putih dan mie pada malam hari umumnya memiliki durasi tidur lebih lama.

Ada baiknya Anda mengonsumsi nasi putih satu jam sebelum jam tidur Anda.

7. Susu

Minum susu pada malam hari juga salah satu cara mengatasi insomnia. Susu dapat menstimulasi produksi hormon melatonin karena kandungan kalsiumnya. Kalsium berperan dalam mengatur kadar melatonin dalam tubuh, disamping perannya dalam menjaga kesehatan tulang.

Selain itu, susu kaya akan asam amino Trytophan yang dapat memberikan efek penenang bagi tubuh Anda.

Demikian pembahasan mengenai Makanan untuk Mengatasi Insomnia, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi sulit tidur.

Cara Mengatasi Sakit Perut

admin
2 min read

Manfaat Body Massage

admin
2 min read

Manfaat Olahraga Jogging

admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *