Manfaat Body Massage

Manfaat Body Massage

Manfaat body massage awalnya hanya dikenal sebagai salah satu pengobatan untuk mengatasi nyeri otot, nyeri sendi dan masuk angin. Namun, seiring dengan banyaknya penelitian yang menemukan manfaat body massage ini untuk kesehatan tubuh dan pikiran. Apa saja manfaat body massage untuk tubuh?.

Body Massage dapat meningkatkan sirkulasi darah, meredakan saraf yang tegang, menurunkan stress, mengatasi gangguan kecemasan, memberikan relaksasi dan meningkatkan kualitas tidur.

Untuk lebih jelasnya berikut ini ulasan mengenai bagaimana massage berpengaruh pada kesehatan Anda. Simak penjelasannya dibawah ini:

Manfaat Body Massage untuk Kesehatan Tubuh & Pikiran

1. Memberikan Relaksasi

Saat tubuh mengalami ketegangan dan stress, tubuh akan memproduksi hormon stress yakni Kortisol. Hormon Kortisol dapat menyebabkan bertambahnya berat badan, sulit tidur, gangguan pencernaan dan sakit kepala.

Namun, hal itu dapat diatasi dengan terapi pijat. Body masage dapat memberikan efek relaksasi pada tubuh yang mengalami ketegangan dan membantu menurunkan kadar hormon kortisol. Hal ini membuat tubuh Anda memasuki mode penyembuhan, lebih jauh terapi ini tidak hanya memberikan efek relaksasi namun juga menjaga kualitas mood dan mengurangi stress.

2. Menurunkan Stress

Tidak hanya memberikan efek relaksasi, terapi massage juga dapat mengatasi stress. Rutin melakukan terapi ini dapat membantu meningkatkan energi, meredakan rasa nyeri dan menstimulasi fisik dan psikis seseorang dan berpengaruh langsung pada penurunan stress.

3. Menurunkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah hipertensi, terapi body massage merupakan salah satu pengobatan yang dapat Anda lakukan untuk menurunkan tekanan darah. Dalam sebuah studi mengungkapkan bahwa terapi massage dapat menurunkan tekanan darah sistolik dan diastolik.

Lebih jauh, terapi pijat dapat menurunkan kadar kortisol dalam tubuh Anda sehingga menstimulasi untuk meredakan ketegangan, stress, depresi dan juga dampak dari penurunan tekanan darah dapat menghindarkan Anda dari beragam penyakit seperti serangan jantung, stroke dan gagal ginjal.

4. Meningkatkan Kelenturan Tubuh

Tidak masalah apakah Anda seorang atlit profesional yang baru selesai melakukan terapi penyembuhan setelah cedera atau Anda adalah seorang usia lanjut yang mengalami gangguan kelenturan tubuh karena faktor usia. Terapi massage dapat mengatasi hal tersebut.

Terapi massage dapat membantu Anda menjaga kelenturan tubuh dan koordinasi antar otot, jaringan otot penghubung, persendian dan ligamen serta menstimulasi produksi pelumas alami pada otot penghubungan tulang Anda sehingga mengurangi risiko cedera saat beraktifitas.

5. Mengatasi Nyeri Punggung

Pada awalnya orang-orang hanya menggunakan terapi body massage untuk mengatasi nyeri punggung. Hal ini dikarenakan tekanan saat memijat dapat meredakan ketegangan saraf yang di punggung dan mengembalikan posisi tulang pinggang ke posisi seharusnya sehingga dapat meredakan nyeri punggung, bahkan efek pijat seperti obat pereda nyeri.

6. Melancarkan Sirkulasi Darah

Salah satu manfaat terapi massage adalah untuk melancarkan peredaran darah Anda. Hal ini berarti banyak untuk kesehatan Anda, peredaran darah yang lancar tidak hanya mendukung kebugaran tubuh Anda. Namun juga sangat baik untuk sistem kekebalan tubuh Anda.

Sirkulasi darah yang lancar dapat meningkatkan produksi sel darah putih yang bekerja sebagai antioksidan untuk menangkal dampak negatif dari radikal bebas serta virus dan bakteri. Selain itu, hal ini juga dapat meredakan nyeri otot. Salah satu penyebab nyeri otot diantaranya adalah kurangnya asupan nutrisi ke otot karena terganggunya sirkulasi darah yang membawa oksigen dan nutrisi dari makanan dan terapi pijat ini dapat mengatasi masalah ini.

Mereka yang Dilarang Melakukan Body Massage

Meski menyehatkan, terdapat beberapa kondisi yang tidak disarankan untuk dilakukan terapi body massage. Mereka yang dilarang untuk melakukan massage umumnya memiliki masalah kesehatan tertentu seperti:

  • Sedang Demam
  • Cedera Otot atau Tulang
  • Sedang Hamil
  • Memiliki Lebam, Luka Gores, Ruam Kulit dan Kulit Terbakar Matahari.

Bila Anda memiliki kondisi diatas, sangat tidak disarankan untuk melakukan terapi pijat karena dapat mempengaruhi kondisi kesehatan Anda.

Khusus untuk ibu hamil, pijat merupakan pantangan ibu hamil yang harus dihindari, umumnya mereka yang sedang mengandung mengalami kram kaki dan pinggang namun pijat bukan solusi untuk ibu hamil untuk mengatasi kehamilan tersebut. Tekanan yang didapat saat melakukan massage dikhawatirkan dapat menyebabkan kontraksi pada perut Anda.

Lakukan olahraga ringan dan konsumsi makanan sehat untuk mengatasi hal tersebut.

Demikian pembahasan mengenai Manfaat Terapi Body Massage untuk Tubuh dan Pikiran, semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam mengatasi masalah kesehatan dengan cara alami.

Cara Mengatasi Sakit Perut

admin
2 min read

Manfaat Olahraga Jogging

admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *