Manfaat Kafein

Manfaat Kafein untuk Kesehatan

Saat terserang kantuk atau saat membutuhkan energi booster untuk menjalani pagi hari sering kali Kopi merupakan hal yang paling dicari. Hal ini dikarenakan kandungan kafein dalam kopi dapat merangsang otak untuk aktif dan memberikan efek semangat.

Kafein itu sendiri adlaah senyawa aktif yang secara alami terdapat pada Kopi, Teh, dan Coklat selain itu, kafein umumnya juga terdapat dalam makanan dan minuman olahan seperti minuman bersoda, minuman energi dan permen karet.

Kafein bekerja dengan cara menstimulasi sistem saraf pusat dan menghambat reseptor adenosine yang menjadikan tubuh Anda menjadi lebih bersemangat. Namun, manfaat kafein bagi tubuh tidak hanya itu. Terdapat beberapa manfaat kesehatan yang Anda dapatkan dengan rutin mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Simak ulasannya dibawah ini.

Manfaat Kafein untuk Kesehatan

1. Menjaga Fungsi Otak

Umumnya orang-orang mengonsumsi kopi agar dapat terjaga saat mengerjakan tugas dan saat lembur. Faktanya, kafein yang terdapat dalam kopi, teh dan coklat merupakan stimulan yang baik untuk menjaga fungsi otak Anda.

Kafein dapat menghambat reseptor adenosin pada otak Anda, hal ini dapat meningkatkan kewaspadaan, meningkatkan fokus dan meningkatkan daya tahan. Bahkan dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi kafein efektif untuk mencegah demensia atau penurunan kemampuan memori otak karena faktor usia.

2. Meningkatkan Stamina, Kekuatan dan Daya Tahan

Suplemen kafein banyak digunakan oleh para atlit saat berlatih untuk meningkatkan kemampuan fisik mereka. Kafein dapat meningkatkan kekuatan, tenaga dan daya tahan tubuh, terutama pada tubuh bagian atas.

Kafein membantu meningkatkan daya tahan tubuh saat latihan sehingga atlit dapat menambah intensitas latihan mereka.

3. Meningkatkan Metabolisme Tubuh

Dalam satu cangkir kopi terkandung sekitar 200 mg kafein, jumlah yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh Anda hingga tujuh persen selama tiga jam setelah mengonsumsi kopi. Kondisi ini menjadikan tubuh Anda membakar lebih banyak lemak dan meningkatkan panas tubuh Anda. Karena alasan inilah mengapa kafein juga dijadikan salah satu bahan yang digunakan pada obat pereda rasa sakit.

Selain itu, kafein juga dimasukan pada suplemen penurun berat badan karena asupan kafein dapat membakar kalori hingga 150 kalori perhari.

4. Kaya Antioksidan

Mengonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Kandungan antioksidan dalam kedua minuman tersebut sangat baik untuk mencegah mencegah beragam penyakit kronis seperti Kanker Kulit, Kanker Payudara dan Diabetes Tipe 2.

5. Meningkatkan Tekanan Darah

Bagi Anda yang memiliki masalah tekanan darah rendah, ada baikny a mengonsumsi makanan dan minuman yang mengandung kafein. Kafein bekerja dengan meningkatkan kadar hormon Adrenalin dalam tubuh Anda dan menghambat hormon yang dapat membuat relaksasi pada tubuh Anda.

Pada penelitian yang diungkapkan bahwa mengonsumsi 250 mg kafein dapat meningkatkan tekanan darah temporer selama dua hingga tiga jam setelah dikonsumsi. Hal ini sangat baik bagi penderita hipotensi karena dapat menjadikan hari Anda lebih produktif dan lebih aktif saat bekerja.

Efek Samping Kafein bagi Tubuh

Disamping manfaat kesehatan yang dapat Anda dapatkan dengan mengonsumsi kopi, terdapat efek samping yang dapat Anda alami ketika terlalu banyak mengonsumsi ataupun saat mengonsumsi kafein diwaktu yang salah. Berikut ini beberapa efek samping kafein bagi tubuh Anda.

Insomnia

Batas maksimum yang direkomendasikan oleh ahli kesehatan untuk mengonsumsi kafein setiap harinya adalah 400 mg, atau setara dengan dua cangkir kopi. Jika lebih dari itu, umumnya Anda akan mengalami insomnia atau sulit tidur di malam hari. Hal ini dikarenakan hormon adrenalin yang dipicu oleh kafein membuat Anda terjaga pada malam hari.

Oleh karena itu, sebaiknya batas asupan konsumsi kopi, teh dan coklat maksimal tiga cangkir perhari dan hindari konsumsi dibawah pukul 03.00 sore. Hal ini dikarenakan efek kopi biasanya berlangsung hingga lima jam setelah dikonsumsi.

Osteoporosis

Kafein dihubungkan dengan masalah kesehatan tulang, yakni Osteoporosis. Kafein dapat bersifat diuretik pada tubuh manusia yang artinya akan meningkatkan intensitas buang air kecil, kondisi dapat menyebabkan penurunan kepadatan tulang dan gigi karena banyaknya mineral pada tubuh yang terbuang. Selain itu, kafein juga dapat menyebabkan dehidrasi.

Menurunkan Tingkat Kesuburan

Dalam beberapa penelitian menyebutkan bahwa rutin mengonsumsi kafein dapat menyebabkan penurunan kemampuan otot pada tuba falopi yang berfungsi untuk membawa sel telur dari ovarium ke rahim wanita. Kondisi ini menyebabkan kinerja sel yang bertugas membantu kontraksi tuba falopi terganggu dan menyebabkan sel telur tidak bisa turun untuk dibuahi oleh sperma dan menyebabkan sulit hamil.

Selain itu, kafein dapat menyebabkan menurunnya kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi dan dehidrasi, kondisi yang dapat menyebabkan wanita mengalami menopause dini. Oleh karena itu, jika Anda dalam program hamil sebaiknya hindari konsumsi kafein seperti kopi, teh dan coklat.

Demikian pembahasan Manfaat Kafein untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan Anda dalam menjaga kesehatan.

 

Cara Mencegah Kanker Serviks

admin
2 min read

Radioterapi Adalah

admin
1 min read

Manfaat Buah Tomat

admin
1 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *