Niat Shalat Tahajud

Shalat Tahajud

Shalat tahajud adalah salah satu shalat Sunnah yang paling sering dilakukan oleh umat muslim. Banyak yang memiliki keyakinan bahwa jika melakukan shalat ini, semua keinginan kita akan dikabulkan oleh Allah SWT. Saking istimewanya shalat tahajud, perintah untuk melakukan shalat ini langsung diberikan Allah dalam Al Quran.

Hukum untuk melakukan shalat tahajud adalah Sunnah muakkad. Sebelum turun perintah shalat lima waktu, umat muslim wajib untuk melakukan shalat tahajud. Khusus untuk Rasulullah, beliau wajib untuk melakukannya sehingga tidak pernah meninggalkan shalat Sunnah yang satu ini. Shalat tahajud adalah shalat Sunnah prioritas nomor satu untuk umat muslim.

Sebelum melakukan shalat tahajud, perlu kita hafalkan niat melakukan shalat tahajud yang baik dan benar, sesuai dengan artinya.

Niat Melakukan Shalat Tahajud
Niat Melakukan Shalat Tahajud

Artinya:

Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala.

Selain niat sholat tahajud, ada tata cara lain untuk melakukan shalat tahajud, yaitu:

  1. Tahbiratul Ihram

  2. Membaca surat Al Fatihah dan surat pendek

Jika ingin meniru apa yang dilakukan oleh Rasulullah, maka bacalah surat yang panjang seperti An Naba’ atau Abasa. Ada sebuah cara yang bisa digunakan untuk menambah hafalan, yaitu mendengarkan murottal. Sebuah situs yang bisa digunakan untuk mendownload murottal dengan mudah adalah www.dataislami.com.

  1. Ruku

Ruku’ ini harus dilakukan dengan tuma’ninah dengan doa yang sudah ditentukan. Meskipun membaca doa ini tidak wajib, namun tidak ada salahnya untuk tetap membacanya.

  1. I’tidal

I’tidal adalah bangun dari rukuk dan melakukan sujud setelahnya. Diikuti dengan tangan diangkat keatas dan mengucap doa I’tidal.

  1. Sujud

Sama seperti saat melakukan ruku’, lakukan ini dengan tuma’ninah atau perlahan tanpa terburu-buru. Doa saat sujud ini tidak wajib, namun sebaiknya dibaca agar tahu apakah sujud yang kita lakukan sudah tuma’ninah atau belum.

  1. Duduk diantara dua sujud

Gerakan ini untuk beristirahat sejenak sebelum melakukan sujud yang kedua.

  1. Sujud kedua

Bacaan maupun gerakannya sama seperti sujud yang pertama, tanpa ada perubahan. Doa yang dibaca juga sama.

  1. Melakukan rakaat kedua dengan urutan yang sama

Lakukan rakaat kedua dengan urutan yang sama dengan rakaat pertama. Namun, jangan menggunakan surat yang sama dengan surat yang digunakan di rakaat sebelumnya.

  1. Tahiyat akhir

Saat melakukan tahiyat akhir ini, lakukanlah dengan sungguh-sungguh. Ucapkan dengan niat dari lubuk hati yang paling dalam. Ini adalah fase shalat yang menjadikan Allah terasa amat sangat dekat dengan kita.

  1. Salam

Setelah salam, bangkit lagi untuk melakukan sholat yang kedua. Lakukan sampai empat kali salam atau delapan rakaat. Setelah itu bisa melakukan sholat witir satu rakaat atau tiga rakaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *