Radioterapi Adalah

Gambar Radioterapi

Kanker adalah salah satu penyakit yang masih menakutkan untuk seluruh orang di dunia, pasalnya meski kini sudah ada berbagai macam terapi yang dapat dilakukan, ditambah lagi dengan kecanggihan alat-alat yang telah ada namun tetap saja masih jarang untuk bisa mengalahkan penyakit yang menjadi salah satu penyakit terganas ini.

Para pengidap kanker harus menjalani serangkaian tes yang dapat menyakiti dirinya sendiri, pastinya tak sedikit pula uang yang harus dikeluarkan untuk rangkaian pengobatan yang harus dijalani. Salah satu terapi yang dipercaya dapat menghilangkan sel kanker adalah Radioterapi.

Pengertian Radioterapi dan Jenisnya

Gambar Radioterapi
Gambar Radioterapi

Radioterapi adalah pengobatan yang diterapkan pada penderita kanker untuk menangani sel-sel kanker yang tumbuh didalam tubuh. Terapi yang menggunakan radiasi ini bertujuan untuk menghancurkan sel kanker dan mengecilkan ukuran Tumor.

Tak hanya itu, Radioterapi ini juga dapat digunakan untuk non-kanker seperti Tumor, penyakit Tiroid, dan berbagai kelainan darah lainnya. Sayangnya untuk pasien kanker yang sudah berstadium lanjut terapi ini hanya bisa untuk mengurangi rasa sakit dan gejala dari kanker.

Ada dua macam Radioterapi yaitu, Radioterapi eksternak dan Radioterapi internal. Radioterapi eksternal adalah sinar radiasi yang diberikan dengan menggunakan alat-alat yang dipasang diluar tubuh.

Sedangkan Radioterapi internal adalah menyuntikkan atau meminum zat yang berisi radiasi agar masuk kedalam pembuluh darah hingga zat tersebut dapat menjangkau sel kanker.

Cara kerja dari Radioterapi ini adalah merusak DNA dari sel kanker yang yang ada didalam pembuluh darah agar dapat menghentikan pertumbuhannya. sayangnya sel-sel normal yang ada di sekitarnya pun berisiko tinggi mengalami kerusakan.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena dokter akan menentukan dosis radiasi yang dibutuhkan sesuai dengan sel kangker yang tumbuh.

Biasanya pasien yang telah menjalani Radioterapi akan merasakan efek yang berbeda-beda. Mulai dari yang ringan, sedang sampai parah. Ada dua jenis akibat dari Radioterapi dari yang berjangka pendek sampai yang berjangka panjang,

Efek jangka pendek radioterapi yang dapat dirasakan penderita adalah rasa mual dan muntah, menghitamnya bagian tubuh yang terkena radiasi, rambut rontok sedikit-demi sedikit, merasakan kelelahan, gangguan menstruasi dan beberapa efek lainnya.

Efek dalam jangka panjang radioterapi yang dapat dirasakan seperti Jika yang diradioterapi diperut maka kandungan kemih tidak lagi elastis dan membuat pasien lebih sering buang air kecil.

Jika di payudara maka payudara akan mengeras dan kencang, jika di panggul maka vagina menjadi lebih sempit dan kurang elastis, jika bagian dada maka dapat terjadi gangguan pada paru-paru. Efek yang timbul akan berbeda-beda sesuai dengan tempat radioterapi dilakukan.

Jadi, Radioterapi merupakan pilihan yang bisa dibilang tepat untuk mencegah pertumbuhan sel kanker atau penyakit darah lainnya. Untuk informasi yang lebih lengkap anda bisa kunjungi http://cegahkankerserviks.org/. yang akan menjelaskan secara lebih detail mengenai Radioterapi.

Cara Mengatasi Sakit Perut

admin
2 min read

Manfaat Body Massage

admin
2 min read

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *