Tips Membersihkan Lantai Dapur

membersihkan lantai dapur

Dapur adalah ruang yang sangat mudah untuk terkena kotoran dan noda. Hal ini memang tidak bisa lepas dari fungsi dapur sebagai ruang untuk menyiapkan makanan.

Karena fungsi inilah kita seringkali melihat lantai maupun meja dapur minimalis yang licin dan buram. Penyebabnya adalah noda minyak, noda makanan, dan semisalnya yang semakin hari semakin menumpuk.

Tentunya kondisi ini tidak baik jika dibiarkan terlalu lama. Selain mengganggu visual, lantai yang licin juga bisa membahayakan penghuni rumah karena akan mudah terpeleset.

Maka dari itu, di bawah ini akan diberikan tips membersihkan lantai dapur yang licin agar kembali bersih dan kesat. Akan dibedakan cara membersihkan lantai sehari-hari dan pada kondisi terkena tumpahan minyak. Selamat mencoba.

Tips untuk Lantai Dapur yang Licin

Tips di bawah ini berlaku untuk lantai dapur yang licin pada umumnya, yaitu yang kotor dan buram karena aktivitas memasak sehari-hari.

1. Mempersiapkan bahan

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mempersiapkan bahan untuk membersihkan lantai dapur. Anda perlu mempersiakan cairan jeruk nips dan air. Kedua bahan ini bisa membantu menghilangkan noda membandel.

2. Meracik bahan

Untuk membuat komposisi racikan yang tepat, gunakan perbandingan 1:1 antara air dengan perasan jeruk nipis. Misalnya 1 gelas air yang dicampur dengan 1 buah jeruk nipis yang diperas airnya.

3. Membersihkan lantai

Gunakan campuran air dengan perasan jeruk nipis tadi untuk membersihkan lantai. Pertama-tama percikkan campuran perasan jeruk ke atas lantai, kemudian lap dengan kain basah, seperti mengepel lantai pada umumnya.

Jika sudah, maka bersihkan dengan air bersih. Kemudian lap atau pel lantai dengan lap yang bersih. Usahakan untuk mengepel dengan baik dan merata agar lantai bisa bersih dengan sempurna.

4. Mengeringkan lantai

Jika proses mengepel lantai sudah selesai, maka keringkan lantai dengan lap kering. Maka lantai pun akan nampak kembali kesat dan bersih.

Tips Membersihkan Tumpahan Minyak

Ada kalanya lantai di dapur menjadi licin karena terkena tumpahan minyak dalam jumlah yang cukup besar.

Berikut tata cara membersihkannya yang bisa dicoba.

1. Menyerap minyak

Langkah pertama untuk membersihkan tumpahan minyak tentu adalah menyerap minyaknya. Anda bisa menggunakan tisu, lap, kertas koran, atau bahan lainnya untuk menyerap minyak yang menggenang.

2. Menaburkan garam atau tepung

Jika sudah mengurangi kuantitas tumpahan minyak dengan cara pertama, lanjutkan dengan menaburkan tepung atau garam ke atas lantai yang berminyak tadi. Taburan garam atau tepung ini akan membantu menyerap minyak yang masih menempel di lantai.

Setelah selesai, bersihkan sisa garam atau tepung dengan koran atau kertas bekas yang bersih. Minyak akan cepat menghilang dari lantai.

3. Menggunakan cairan pencuci piring

Selanjutnya adalah membersihkan area yang terkena minyak tadi menggunakan sabun pencuci piring. Hal ini dikarenakan sabun cuci piring lebih mudah mengangkat noda minyak daripada sabun pel lantai pada umumnya.

“Salah satu yang menyebabkan pencuci piring mudah dalam membersihkan minyak, yakni jeruk nipis atau asam yang terkandung di dalamnya”, begitulah ucap founder didekor.com.

Anda bisa menggunakan campuran sabun cuci piring dengan air hangat. Gunakan campuran tersebut untuk diusapkan di lantai menggunakan lap atau spons khusus untuk lantai. Noda minyak akan lebih mudah diangkat.

4. Mengepel lantai

Jika noda minyak sudah diangkat dengan sabun cuci piring, Anda bisa melanjutkan proses pembersihan dengan cara mengepel lantai seperti biasanya. Bisa dengan menggunakan cairan pel lantai atau semisalnya.

Sebaiknya gunakan cairan pel yang memiliki aroma yang segar agar dapur menjadi lebih nyaman. Jika sudah, jangan lupa untuk mengeringkannya dengan lap kering. Lantai dapur pun menjadi lebih bersih dan wangi.

Tips Tambahan

Itu tadi beberapa cara membersihkan lantai yang licin baik karena aktivitas sehari-hari maupun karena tumpahan minyak. Selain itu berikut ada beberapa tips tambahan.

Sapu dapur Anda setiap hari agar meminimalisir kotoran-kotoran kering yang menempel di lantai.

Sebaiknya Anda mengatur jadwal untuk mengepel dapur agar dapur tetap bersih dan sehat. Misalnya setiap seminggu sekali, atau seminggu dua kali, dan semisalnya sesuai kebutuhan masing-masing.

Pel menggunakan kain microfiber yang lebih ampuh dalam mengangkat kotoran membandel.

Jangan menunda membersihkan lantai dapur begitu ada minyak atau bahan makanan lain yang tumpah. Karena jika tidak segera dibersihkan, noda akan semakin melekat di permukaan lantai.

Demikainlah beberapa tips membersihkan lantai dapur yang licin agar kembali bersih dan kesat.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *